Tips Menghadapi Prakerin

Prakerin selain sebagai mata pelajaran yang harus dipenuhi tapi juga sebagai pengenalan kepada dunia kerja sebenarnya.

ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu selama melaksanakan Prakerin

1. Survey Lokasi Prakerin.

Survey lokasi ini penting untuk lebih cepat kita nantinya beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tempat Prakerin. Jika tempat Prakerin jauh dari tempat tinggal kita bisa memperhitungkan jarak tempuh dan waktu berangkat agar dapat masuk tepat waktu.

2. Strategi Pembagian Waktu.

Gunakan waktu sebaik mungkin, karena 3 bulan itu sangat sebentar dan sangat tidak mungkin untuk mengerti seluruh pekerjaan yang ada di sebuah perusahaan. Gunakan strategi pembagian waktu misalnya:

  • Bulan pertama untuk memperhatikan unit unit yang ada di perusahaan tersebut.
  • Bulan ke dua khusus untuk mempelajari alur atau flow pekerjaan di perusahaan tersebut dan,
  • Bulan ketiga dan keempat mulailah memikirkan untuk memilih judul laporan yang akan dibuat nanti serta data data yang akan diperlukan dan darimana sumber datanya.
  • Dengan strategi pembagian waktu tersebut dibulan kedua siswa dapat fokus mempersiapkan materi serta pencarian data – data yang diperlukan untuk membuat laporan seperti bertanya dan mencari data ke pembimbing lapangan. Sehingga pada waktunya prakerin berakhir siswa telah siap dengan segala data – data untuk membuat laporan akhir.

3. Jaga Perilaku dan Sikap

Ini juga hal penting karena berhubungan dengan nama baik almamater, menjaga sikap dan perilaku di tempat prakerin merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti :

  • Berpakaian rapi dan santun, Sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja. Kesopanan terhadap seluruhnya itu sangat penting maka jagalah kesopanan anda. Ingat sopan santun itu perlu, sapa lah bapak/ibu manager, karyawan sampai satpam, baik kenal ataupun tidak, jika kita berpapasan. Ucapkan salam dan jabat tangan ketika absen pagi dan saat akan pulang. Bertanyalah dengan sopan, aktif dengan santun dan nikmati dunia kerja praktek dengan enjoy dan senyaman-nyamannya.
  • Menyapa petugas dengan salam seperti selamat pagi, siang, sore.
  • Bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya.
  • Hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kalian

4. Patuhi Seluruh Peraturan, Patuhi seluruh peraturan yang ada baik tertulis maupun tidak tertulis

5. Disiplin, Sikap disiplin sangat penting karena saat anda nanti benar benar bekerja disiplin itu diutamakan

6. Jangan Malu, Jangan Malu untuk bertanya ada istilah malu bertanya sesat beneran. Saat kerja praktek nanti kita adalah sebagai orang baru disana. Sayangnya, kita orang baru yang benar-benar blank dunia baru kita tersebut. Sedangkan orang-orang lama, tentunya memilki kesibukan masing-masing, dan belum tentu bisa menyediakan waktu untuk share ilmu kepada kita. walaupun itu mungkin pimbimbing lapangan kita sendiri. Dan jangan malu memberi atau mengungkapkan Inisiatif.

Disinilah kita dituntut untuk aktif bertanya tentang apa yang dilakukan oleh bapak/ibu tersebut. Biasanya mereka akan lebih mudah berbagi ilmu jika kita yang bertanya. Jadi mereka bisa tetap bekerja sambil berbagi ilmu kepada kita.

7. Aktiflow, Aktiflah di tempat prakerin anda. Justru mereka senang jika mereka bisa berbagi ilmu dengan kita. yang terpenting adalah cara kita berkomunikasi dengan baik kepada mereka.

8. Enjoy dan Santai aja, Enjoy dan santai saja saat Prakerin, jangan terlalu gugup atau penakut. Dunia kerja itu sebenarnya lebih mudah daripada sekolah. Yang susah itu mendapatkan kerjaannya. Dunia kerja tidak seseram yang kita pikirkan. Ada ilmu yang sesuai pada saat kita belajar di sekolah. Tapi tenang saja, bapak/ibu disana siap membantu. Jangan takut salah atau rusak, justru disitulah kita belajar agar besok bisa menjadi benar.

9. SKSD, sok kenal sok dekat. jangan sampai kita terlihat sombong, sapa lah setiap orang yang berada di sekeliling tempat kita praktek. cobai ngatlah selalu nama-nama bapak/ibu karyawan yang ada lingkungan tempat PKL kita tersebut. Agar tak lupa catat nama mereka. Kalo lupa tanya pada teman PKL anda kalo tidak coba lihat struktur kepegawaiannya,pasti ada namanya. Hal ini penting agar kita tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol berdua. Karena kalo kita ingat nama seseorang dan saat ngobrol bisa berkata misal “Pak Nanto sedang apa?” itu lebih baik daripada bilang sekedar “sedang apa pak?” Ingat manusia hakikatnya suka dianggap dan terhargai. Selain itu, syukur-syukur nanti selesai PKL kita dapet berita “Dek, kalo udah lulus mau nggak kerja disini.”

10. Jangan Mengharapkan Sesuatu Yang Berlebihan

Anda jangan mengharapkan sesuatu yang berlebihan kepada dunia industry tersebut misalnya anda disuruh dan anda berfikiran nanti pasti diberi imbalan, jangan pernah sekalipun berfikiran seperti itu.

Pelihara hubungan baik untuk laporan nanti, untuk menjaga sewaktu waktu kita memerlukan keterangan atau data pelengkap. Demikian tips persiapan dan pelaksanaan Prakerin semoga dapat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *